MARI BERBAGI DENGAN ANAK YATIM



MARI BERBAGI DENGAN ANAK YATIM
Oleh: Asep Anggi Buldani

Sebagian orang menyebutkan bahwa tanggal 10 Muharam adalah Hari Lebaran Yatim, hari berbagi dan membahagiakan anak-anak yatim. Sebutan tersebut kiranya adalah bentuk akulturasi dari ajaran agama Islam, ditegaskan dalam sunnah Rosulullah untuk menyayangi dan mengasihi anak yatim pada hari ‘Asyura tepatnya tanggal 10 Muharam. Mengingat keutamaan dan pahala yang dilipat gandakan sebagai balasannya, sehingga dijadikan masyarakat sebagai simbol pembudayaan nilai. Sebagaimana sabda Rosulullah Saw, ”Dan barangsiapa yang membelaikan tangannya pada rambut (kepala) anak yatim di hari 'Asyura, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk satu helai rambut satu derajat … “ (HR. Ibnu Abbas RA). Masya-Allah.
Maka sungguh adalah keberuntungan bagi orang-orang yang dapat berkesempatan menyisihkan sebagian hartanya untuk menyantuni, mengasihi dengan setulus hati dan membahagiakan anak-anak yatim di antara bulan yang dimuliakan, salah satunya pada bulan Muharam tanggal 10 ‘Asyura. Demikian pun pada bulan-bulan lainnya adalah menjadi kebaikan sebagaimana berbuat baik kepada anak yatim adalah amal shaleh.
Tanggal 10 Muharam 1441 H bertepatan dengan tanggal 9 September 2019 M, tepatnya hari Senin lalu di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Falah Bandung, keluarga besar PT. BPR Syariah HIK Parahyangan yang diwakili oleh Bapak Ir. H. Toto Suharto selaku Direktur Utama beserta petugas UPZ BPRS HIKP menggelar pembagian santunan untuk anak-anak yatim di wilayah Kabupaten Bandung.   

Adapun sumber dana santunan tersebut yang terkumpul mencapai Rp. 24.000.000,- merupakan ivestasi kebajikan dari segenap karyawan dan perusahaan. Dana kebajikan tersebut telah didistribusikan kepada 330 penerima, terdiri dari anak yatim piatu, yatim, piatu, asnaf, dll., yang berasal dari 11 pondok pesantren, yayasan, panti asuhan yatim dan madrasah di Kabupaten Bandung.

Alhamdulillah rangkaian acara berjalan dengan baik. Diawali pembacaan marhaba dengan iringan hadroh anak-anak santri, begitu meriah. Kemudian sambutan dari Bpk. Ir. H. Toto Suharto selaku Direktur Utama PT BPRS HIK Parahyangan, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu terselenggara agenda santunan anak yatim ini, terutama kepada para karyawan yang telah ridho menyisihkan sebagian hartanya seraya mendo’akan “Kita sangat butuh do’a mereka. Semoga Allah SWT kabulkan semua hajat baik kita sebab infak sedekah untuk anak Yatim”. Dan terakhir ditutup dengan do’a bersama, do’a dipimpin langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Falah, do’a tersebut dikhususkan untuk para investor, kemudian di-aamiin-kan oleh ratusan anak yatim yang hadir. Semoga Allah SWT ijabah untuk keberkahan hidup di dunia & akhirat. Aamiin YRA.
Hatur nuhun, Wassalamualaikum …

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MARI BERBAGI DENGAN ANAK YATIM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel