FUTUREPROOF DALAM KONSEP DIGITAL MARKETING DI TAHUN 2023
Futureproof dalam Konsep Digital Marketing di Tahun 2023
Oleh: Asep Anggi Buldani
Kita menyadari bahwa perubahan dan
perkembangan adalah sifat dari hidup. Ia akan selalu menghiasi setiap dinamika
kehidupan. Namun terkadang atas perubahan itu, kita menegasikan mome ntum
sebagai sebab setiap kondisi, akan tetapi tidak demikian melainkan atas hidup
itulah segala perubahan dimungkinkan terjadi. Baik perubahan yang
terimajinasikan, juga mungkin yang tidak terbayang sebelumnya. Seperti halnya Covid-19
dan kebiasaan baru pasca Covid-19. Jadi kiranya kita sudahi anggapan bahwa
kebiasaan baru ini sebab covid-19, lebih dari itu kita harus menyadari bahwa
perubahan ini adalah warna dari hidup, keniscayaan hidup, kondisi yang
seharusnya terjadi, atau atas kehendak semesta.
Dalam kurun waktu 2 tahun lamanya,
kita dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang sangat signifikan
yakni fenomena pandemic Covid-19.
Fenomena diseases masal ini menjadi
loncatan pada kebiasaan baru. Kebiasaan yang begitu akrab dengan kegiatan
digital (digital era). Segala aspek
kehidupan bergantung pada kegiatan digital, dari penyediaan makanan, sarana
transfortasi, proses kredit perbankan, pemasaran produk usaha, sampai
kepengurusan administrasi pemerintahan semua merambah kepada konsep digital.
Di era digital ini tidak terkecuali
pada ranah bisnis dan UMKM yang sedang menunjukan peningkatan pesat pasca
Covid-19. Sebagaimana data Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa total nilai
transaksi e-commerce pada paruh awal
tahun 2022 mencapai Rp 227,8 T atau meningkat 22,1 persen dari data paruh awal
tahun 2021. Sungguh angka peningkatan yang besar dan perubahan ini tentu tidak
berhenti sampai disini, melainkan akan terus bertumbuh.
Dari kesadaran akan perubahan itu
semua pelaku bisnis dan UMKM berlomba-lomba dalam eksistensinya masing-masing.
Terutama saat ini di akhir tahun 2022 kita sebagai pelaku usaha mempersiapkan diri
dalam menghadapi tantangan global di tahun 2023. Kita dituntut untuk futureproof atau mengamankan bisnis agar
tidak tumbang di kemudian hari. Untuk itu kita perlu terus berinovasi sehingga
dapat memaksimalkan peran dalam mempersiapkan bisnis menghadapi segala
tantangan-tantangan di tahun 2023 mendatang.
Untuk itu para pelaku usaha perlu meningkatkan
kesiapan mental dan perencanaan berupa desain-desain dan strategi praktis agar
tetap survive menghadapi segala
tantangan di tahun 2023. Menurut Disa Winanda (2022) seorang Pemberdaya Media
Digital menyampaikan bahwa “kegiatan
ekonomi yang melemah secara psikologis dapat mempengaruhi daya beli konsumen,
sehingga dampaknya masif bagi pebisnis, baik yang berskala besar maupun kecil”.
Tentu segala kemungkinan terburuk
dalam bisnis harus sedia kita siasati dan dipersipkan antisipasinya agar tidak
terjadi. Selain mempersiapkan mental dan strategi, juga kita perlu menganalisa
dan memprediksi trend digital marketing
yang akan sangat efektif untuk diterapkan di tahun 2023 mendatang. Dengan
menganalisa ritme digital marketing dalam kurun satu tahun terakhir.
Prediksi Trend Digital Marketing 2023 (Niagahoster, 2022):
1. Mobile
friendly and fast loading website;
Penunjang
fasilitas mobilisasi media yang cepat dan refresentatif sebagai sarana
menyampaikan informasi.
2. Live
streaming video sale;
Menyampaikan
informasi atau menawarkan produk secara luas yang dikemas secara interaktif
melalui Live Shopping yang dimuat
dalam streaming YouTube, Instagram, Telegram, dll.
3.
Full Funnel-Video Ads (Awareness-consideration-action);
Menawarkan
dengan story. Dengan muatan yang mempromosikan tidak sekedar menjual dan
menawarkan produk tapi lebih dari itu harus mampu menawarkan suatu konsep yang
bermanfaat banyak.
4.
Long-term influencers marketing;
Efek
citra negatif pegiat influencers transaksional (buzzeRp). Sehingga influencers
marketing harus dalam rentang waktu panjang.
5.
Offline
& online marketing channels;
Pemanfaatan
Website, Olshop, media social, YouTube, dll.
6.
Selalu membuka
layanan baru bersifat inovatif.
Analisa trend digital marketing ini
dimaksudkan sebagai kerangka proyeksi dalam melaksanakan proses usaha terutama
dalam digital marketing yang pada praktisnya akan ditunjang oleh kreatifitas
pelaku usaha dalam mengimajinasikan dan memvisualisasikan konsep-konsep digital
marketing tersebut sehingga dapat diterima oleh khalayak atau customers.
Demikian kiranya wacana singkat ini
dalam persfektif penulis sebagai praktisi marketing di salah satu perbankan di
Indonesia. Kurang maupun lebihnya semoga menjadi manfaat.
0 Response to "FUTUREPROOF DALAM KONSEP DIGITAL MARKETING DI TAHUN 2023"
Post a Comment